SALAM JUANG

Bersuara Tanpa Batas

VERONICA KOMAN: PAPUA MENUSUK HATI NURANI NASIONAL INDONESIA

Graphic Image: UNPO                 
Salam Juang. Ketika orang luar memikirkan Papua, mungkin teka-teki atas mengapa protes tampaknya ada yang tidak pernah berakhir. Mereka mungkin menganggap frustrasi utama Papua berasal dari kemiskinan dan kurangnya pembangunan.

Itu benar untuk beberapa derajat. Namun, alasan utama adalah sederhana dan rapi diilustrasikan dengan membandingkan dua tokoh: Pada awal Mei, 2109 pengunjuk rasa kemerdekaan Papua ditangkap oleh polisi - dan jumlah itu lebih dari dua kali lipat 1025 yang tekan-bersekongkol melawan ke melegitimasi kekuasaan Indonesia dari Papua melalui 1969 "Act of Free Choice".

Meskipun Kedutaan Besar Indonesia kami di Inggris menyangkal di The Guardian bahwa penangkapan berlangsung, Lembaga Bantuan Hukum Jakarta didokumentasikan mereka semua, dan memegang nama-nama setiap satu dari 2.109 demonstran. Bandingkan angka dengan 1025 yang memberikan suara dalam apa Papua sebut sebagai "Act of No Choice", dari perkiraan populasi 800.000 pada saat itu.

Ini adalah realitas sejarah yang mendukung keluhan hari ini tentang kekerasan negara, degradasi lingkungan dan penindasan kebebasan berbicara di Papua.

Sampai ditujukan, protes akan terus dan jumlahnya akan terus bertambah. Hingga Mei angka berdiri di 2.282 demonstran damai ditahan oleh polisi, menurut catatan institut.

Perhatian internasional terhadap ketidakadilan sejarah ini berlangsung tidak akan pergi baik.

Awal bulan ini, orang Papua turun ke jalan secara massal untuk mendukung Gerakan United Liberation untuk Papua Barat (ULMWP) dan tawaran untuk masuk sebagai anggota penuh organisasi antar pemerintah daerah, MSG (MSG). Mereka juga ingin mengirim pesan dukungan kepada Parlemen Internasional untuk Papua Barat, akan bertemu pada hari berikutnya di London.

Pelanggaran Berat
Pada pertemuan itu, lebih dari 100 anggota parlemen dan pengacara dari skor negara mengumumkan Deklarasi Westminster, menolak 1969 "Act of Free Choice" sebagai pelanggaran berat hak untuk menentukan nasib sendiri, dan menyerukan orang diawasi internasional di Papua .

 
Selain peserta dari tetangga kita, Papua Nugini dan Australia, perwakilan berasal dari beberapa negara Pasifik, Prancis, Amerika Serikat, Swedia, Selandia Baru, Finlandia, Ceko, Belanda dan, mungkin terutama, pemimpin oposisi Inggris Jeremy Corbyn, yang menyatakan dukungannya untuk "hak masyarakat untuk dapat membuat pilihan mereka sendiri tentang masa depan mereka sendiri".

Aku tidak salah satu dari jutaan diklaim non-Papua Indonesia terluka oleh deklarasi Corbyn, menurut "Sebuah surat terbuka kepada Jeremy Corbyn dari Indonesia" yang diterbitkan oleh edisi Inggris Raya dari The Huffington Post baru-baru ini. Bahkan, banyak dari rekan-rekan Indonesia saya berbagi keprihatinan saya, dan mengambil tindakan melalui organisasi solidaritas seperti Papua Itu Kita (Papua adalah kita).

Sebagai orang Indonesia, biarkan aku memberitahu Anda mengapa kita kecewa dengan apa yang terjadi di Papua. Kebebasan berekspresi secara sistematis ditekan.

Bangga lagu kebangsaan kita, kita muak untuk belajar bahwa polisi ternoda ketika mereka menendang dan memukul enam demonstran damai yang menolak untuk menyanyi sambil tahanan pada 12 April di kantor polisi distrik Yahukimo Papua.

Kami khawatir bagi seorang Timika muda, Steven Itlay yang menghadapi hukuman seumur hidup mungkin karena pengkhianatan setelah memimpin doa massal di gereja bulan lalu mendukung ULMWP.

Kita marah bahwa dua orang ditangkap pada 25 April ketika mereka menyampaikan surat pemberitahuan tentang demonstrasi yang akan datang ke polisi Merauke dekat perbatasan dengan Papua Nugini. Demikian juga, tentang 41 orang yang ditangkap di ibukota Papua Jayapura pada tanggal 1 Mei penyebaran selebaran menyerukan demonstrasi damai. Daftar goes on.

Argumen Datar
Selama kekerasan, penangkapan tidak sah, dan penjara jangka panjang untuk "pengkhianatan" digunakan untuk menekan kebebasan berekspresi di Papua, argumen yang dibuat oleh Kedutaan Besar Indonesia di Australia (The Jakarta Post, 9 Mei) bahwa orang Papua manfaat dari demokrasi Indonesia akan gagal sama sekali.

Apakah atau tidak satu mendukung kemerdekaan bagi Papua, hak untuk kebebasan berekspresi, dijamin oleh Konstitusi, harus ditegakkan.

Kebebasan pers adalah landasan lain dari demokrasi di bawah ancaman ketika datang ke Papua. jurnalis lokal telah menghadapi pelecehan dan kekerasan, dan Papua sebagian besar off-batas untuk media asing sampai Presiden Joko "Jokowi" Widodo berjanji akses mudah Mei 2015.

Wartawan asing tetap masih menolak visa, atau menghadapi penundaan pemeriksaan yang panjang, pembatasan lokasi dan sedang dikawal oleh agen intelijen berada di Papua. Satu wartawan yang berbasis di London baru-baru ini harus menunggu 18 bulan untuk diberikan visa.

Pada Oktober tahun lalu Johnny Blades dan Koroi Hawkins dari Radio Selandia Baru menghadapi permintaan tidak masuk akal bahwa mereka menyediakan enam surat rekomendasi dari kontak di Papua.

dokumenter France 24 koresponden TV Cyril Payen pada Papua tahun lalu sehingga membuat marah pemerintah bahwa aplikasi untuk mengunjungi lagi ditolak pada bulan Januari.

Ketika wartawan mengunjungi, diwawancarai mereka dapat menghadapi intimidasi, seperti dengan tiga aktivis Papua yang dipimpin oleh Agus Kossay, ditangkap polisi setelah mereka bertemu dengan jurnalis Perancis Marie Dhumieres Oktober lalu.

Tahun sebelumnya, Martinus Yohame diculik dan kemudian ditemukan dibuang di laut dalam karung dengan tangan dan kaki terikat, disiksa dan dibunuh setelah bertemu wartawan Perancis Arte Televisi Thomas Dandois dan Valentine Bourrat nya.

Kelompok Pengembangan digulingkan
Selama beberapa tahun terakhir, organisasi pembangunan internasional telah dipaksa keluar dari Papua, termasuk Komite Internasional Palang Merah, Organisasi Katolik untuk Pertolongan dan Bantuan Pembangunan, dan Peace Brigades International.

Oxfam UK diperintahkan keluar Desember lalu, bahkan setelah deklarasi Jokowi ini keterbukaan.

The ULMWP adalah payung bagi banyak organisasi di seluruh Papua dan memiliki mandat politik dan budaya yang sah untuk mewakili rakyat Papua. organisasi memegang status pengamat, dan pemerintah Indonesia berstatus anggota asosiasi di MSG.

Jika pemerintah merongrong dan mengkriminalisasi para ULMWP, itu tidak menghormati MSG sebagai forum diplomatik.

Namun, jika pemerintah serius berkomitmen untuk MSG, harus mengambil tawaran MSG untuk memediasi dialog damai antara pemerintah dan ULMWP.

Presiden Jokowi mengaku tidak ada masalah di Papua. Namun tindakannya mengatakan pekan dinyatakan lalu ketika ia mengirim rentetan angka pemerintah untuk melakukan pengendalian kerusakan di London: Wakil pembicara Fadli Zon, menteri koordinator politik Luhut Pandjaitan, dan nasional kontra-terorisme lembaga kepala Tito Karnavian semua mencoba untuk meredam pembicaraan tentang masalah Papua sementara di Inggris.

Bulan lalu Luhut juga pergi ke Fiji dan PNG untuk membahas Papua.

Mengirim ini tokoh senior di luar negeri dalam misi menyelamatkan muka, dan mengirimkan proxy seperti mantan presiden Timor Leste José Ramos-Horta ke Papua hanya menghindari akar masalah.

abad terakhir, mantan Menteri Luar Negeri Ali Alatas dijelaskan Timor Timur sebagai "kerikil dalam sepatu" diplomasi bangsa kita. Papua akan terus menjadi duri dalam daging kami sampai kami akhirnya mendengarkan secara mendalam dan terlibat dalam dialog tentang aspirasi Papua, termasuk penentuan nasib sendiri.

Veronica Koman adalah seorang pengacara Publik di Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta) dan anggota Gerakan Papua Itu Kita (Papua adalah Kami).




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "VERONICA KOMAN: PAPUA MENUSUK HATI NURANI NASIONAL INDONESIA"

 
Copyright © 2015 SALAM JUANG - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top