SALAM JUANG

Bersuara Tanpa Batas

BUTUH KONSISTEN



 
Mecky Yeimo ( Dok.Pribadi)
Salam Juang. Semuanya ini memang diciptakan untuk terjadi. Sehingga ketika hal itu terjadi, maka kita jangan pernah kaget setengah mati. Ini memang sudah biasa dalam sebuah kehidupan. Namanya saja sebuah dinamika kehidupan.

Barangkali yang perlu kita tanyakan – banyak orang bartanya – mengapa semuanya itu terjadi? Atau bisa jadi orang bertanya apakah semuanya itu harus terjadi? Jawaban paling lengkap bisa kita peroleh dari “Orang Yang Telah Menjadikan Dinamika Itu Sendiri”. Tetapi untuk memperoleh jawaban dari-Nya, apakah kita mampu untuk bertanya? Ataukah kita hanya mampu untuk berkeluh kesah dalam hidup ini? Entahlah! Tetapi, tidak. Kita harus menemukan dinamika hiduip itu sendiri. Kita jangan hanya bisa berharap dan berkeluh kesah saja. Kita harus memahami arti sebuah kehidupan.


Jangan pernah berpikir bahwa hidup ini akan berubah warna dalam sekejap saja. Jangan bermimpi hidup ini akan selalu damai dan tenteram. Jangan kira “hidup ini enak-enak” saja. Tidak. Hidup ini memang sangat susah dipahami. Ada musim hujan, ada musim semi ada panas dan musim gugur; ada saat tertawa, ada saat berduka; ada saat kenyang, ada saat lapar; ada saat cinta dan kasih menjadi nyata, tetapi jangan lupa ada saat cinta itu berubah menjadi kebencian dan dendam. Itulah hidup. Dia adalah kekal. Dia akan selalu terjadi di dalam sesuatu yang namanya “kehidupan” itu. Ya, dia sudah, sedang dan akan terjadi.

Yang menjadi masalah sekarang adalah mengapa pergulatan antara semuanya itu terjadi? Ya, jika kita tidak mau berpikir jauh, maka bisa kita katakan : semuanya itu memang ada dalam sebuah kehidupan. Tetapi, barangkali yang penting juga adalah pergulatan itu dalam upaya untuk menemukan sebuah nilai. 

Nilai yang ingin dicari dalam pergulatan itu adalah sesuatu yang inti dari sebuah kehidupan. Nilai itu memberikan sebuah kehidupan yang memberikan kelegahan. Jadi, singkatnya adalah dinamika itu boleh terjadi tetapi yang penting adalah dalam semuanya itu bertujuan untuk memperoleh arti kebenaran yang mutlak. Sehingga yang penting adalah biarkalah dinamika itu terjadi, tetapi dalam semuanya itu yang lebih penting adalah dalam upaya menemukan inti sebuah kehidupan. Ini adalah tugas pengembaraan manusia di dunia ini dalam upaya menuju “titik pemberhentian terakhir”.

Disana tidak akan ada dinamika lagi, karena yang menang adalah “kebenaran” itu sendiri. Dia adalah dinamika tunggal, karena dia telah menang. Dan memang inilah yang dicari, yang merupakan sebuah hasil dari pergulatan dalam kehidupan manusia itu sendiri.

Penulis Mecky Yeimo  Sekertais I KNPB Pusat
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "BUTUH KONSISTEN"

 
Copyright © 2015 SALAM JUANG - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top