SALAM JUANG

Bersuara Tanpa Batas

KETUA UMUM KNPB, MENYERUHKAN RAKYAT PAPUA BERDOA UNTUK MENDUKUNG ULMWP DIMSG



 
Ketua Umum KNPB Victor Yeimo saat membacakan penyataan sikap
dilapangan Uncen Waena (Ist)
Salam Juang. Perjuangan rakyat Papua yang dimediasi Komite Nasional Papua Barat ( KNPB ) mendukung serikat pembebasan Papua Barat United Liberation Movement of West Papua ( ULMWP ) menjadi anggota penuh kini semakin memenuhi titik terang, untuk itu ketua KNPB Victor Yeimo mengajak seluruh rakyat Papua mendukung hal tersebut dalam doa dan aksi.

Sejak menjadi Observer pada Melanesian Spreadhead Group ( MSG ) tahun 2015, ULMWP telah mendapat undangan resmi sebagai peserta pada Pertemuan Pemimpin Negara pada forum MSG yang akan berlangsung pada tanggal 14 July 2016 di Honiara ibukota Kepulauan Solomon.

Sebelumnya telah dilakukan pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri anggota penuh MSG di Fiji pada tanggal 14 - 16 Juni oleh lima negara anggota penuh MSG yakni Vanuatu, Solomon, FLNKS, Papua New Guinea dan Fiji dimana pada pertemuan tersebut telah dibahas status keanggotaan penuh Indonesia ( Melindo ) dan West Papua yang diwakili ULMWP menjadi anggota penuh.

Menurut Victor, dalam pembahasan tingkat Menteri Luar Negeri tersebut, Fiji dan Papua New Guinea mendukung Indonesia menjadi anggota penuh, sementara Vanuatu, Solomon Islands, dan FLNKS mengunggulkan West Papua menjadi angota penuh.

Diberitakan fijisun.com, Ketua Pertemuan Menteri Luar Negeri MSG George Milner Tozaka mengatakan, pertemuan terakhir yang kami lakukan di Honiara membahas isu utama kriteria keanggotaan penuh Indonesia dan West Papua di MSG dimana keduanya dapat berpartisipasi.

Kita berusaha secara konstrktif untuk melibatkan Indonesia dan Papua Barat untuk berbicara dan mengatakan apa yang mereka inginkan dalam pertemuan tersebut, tetapi hal utama adalah mereka dapat duduk satu meja dan berbicara," kata Mr Tozaka.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "KETUA UMUM KNPB, MENYERUHKAN RAKYAT PAPUA BERDOA UNTUK MENDUKUNG ULMWP DIMSG"

 
Copyright © 2015 SALAM JUANG - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top