SALAM JUANG

Bersuara Tanpa Batas

GEREJA HARUS BICARA KEBEBASAN SEUTUNYA

Biarawan dan biarawati dari agama Katolik Keuskupan Jayapura, Papua sedang memegang pamflet saat menggelar aksi damai pada hari HAM sedunia tahun 2015 di halaman Kantor DPRP, Kamis (10/12/2015) – Jubi/Abeth You


Salam Juang-Batavia. Gereja Bethel Indonesia melalui gembala sidan pembina Bapak Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo menyampaikan tahun ini tahun 2016 adalah”tahun pembebasan seutunya”dan itu menjadi dasar thema bagi Gereja Bethel Indonesia.


Bicara pembebasan pasti ada situasi yang beruba dan terlepas dari suatu yang bersifat negatif.Pada minggu pertama di tahun ini saya setelah masuk dalam gereja saya melihat lembar warta jemaat yang dibagikan oleh pelayaan jemaat saat masuk,setelah saya baca warta jemaat itu,misi gereja dari pada GBI sangat berkesan buat saya,karena seketika saya membaca saya memaknai dengan nasib kehidupan Papua saat ini karena tentunya Orang Papua dan Tanah Papua sedang merindukan yang namanya pembebasan yang seutunya,misi dari pada GBI diatas ini akan lebih super/berarti apabila dipaparkan untuk semua gereja di tanah air Papua karena sangat sesuai dengan situasi Papua saat ini.


Persekutuan gereja-gereja ditanah Papua harus mendorong/menciptakan ruang-ruang yang bersifat pembebasan,pelayanan,doa-doa harus dijalankan agar kehidupan manusia tidak dikendalikan keadaan yang memburuk itu.Gereja boleh berbicara kedamaian tapi situasi tanah Papua dan atmosfir dari pada setiap kota di Papua belum aman sama saja kita berbicara dibalik tembok yang tinggi tanpa ada titik temunya.


Gereja harus memberikan misi yang berkaitan dengan kedamaian yang membebaskan antara umat manusia secara sosial bukan pribadi lepas pribadi,gereja harus bicara kebebasan bangsa sesuai situasi sekarang karena orang Papua damai dan tidak ada pada titik kemerdekaan yang hakiki pagi tanah Papua karena situasi selalu dibuat harus membenci,marah,membunuh dan berbagai hal lainya kepada bangsa Penjajah.

Catatan Penulis Nomensen Douw Mahasiswa Papua Kulia di Jakarta
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "GEREJA HARUS BICARA KEBEBASAN SEUTUNYA"

 
Copyright © 2015 SALAM JUANG - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top